Kamis, 24 Mei 2018

MENULIS ADALAH TEMAN



 “Sebenarnya menulis itu tidak berat asalkan kita menjadikan menulis sebagai kegiatan yang kita nikmati, kita hayati dan kita jadikan sebagai bagian tidak terpisah dari kehidupan sehari-hari”

Menulis adalah sebuah wadah untuk kita menuangkan ide, gagasan, pengalaman dan perasaan kita ketika kita tidak bisa berbagi pada orang lain. Berbagi di sini maksudnya ketika kita mempunyai sesuatu ide, gagasan, pengalaman dan perasaan yang ingin kita paparkan namun kita tidak bisa merangkainya dengan kata-kata yang baik. Maka dengan menulis inilah kita bisa menuangkan segala hal tersebut. Dengan begitu siapa saja bisa membaca dan mengetahui apa yang ingin kita paparkan tersebut. Selain itu juga menulis dapat membuat kita terlatih untuk terus dan terus berkarya dan menciptakan sebuah mahakarya yang berupa tulisan, yang bisa bermamfaat untuk kita dan orang lain.

Namun beberapa di antara kita menganggap menulis ini adalah sesuatu yang sangat sulit, bahkan tidak bisa kita lakukan sembarangan, harus mempunyai dasar-dasar yang cukup untuk memulainya. Menurut saya itu adalah kesalahan, karna menulis itu tak memerlukan hal seperti itu yang di perlukan dalam menulis hanyalah kemauan dan keinginan untuk berkarya. Dua hal itu saja udah cukup kita jadikan sebagai pokok untuk memulai menulis. Bagus tidaknya sebuah tulisan itu tidaklah terlalu penting karna dengan terus menulis dan terus berkarya dapat menjadikan sebuah tulisan itu akan terus berkembang dan menjadi tulisan yang berkualitas.

Jika kita ingin memulai menulis, mulailah dari diri anda sendiri contohnya menceritakan pengalaman anda, menulis tentang biografi anda, menulis tentang gagasan, ide, dan segala hal yang ada pada pikiran anda namun belum bisa anda sampaikan. Dengan begitu, anda dapat menulis dengan mudah dan santai-santai saja. Dengan terbiasanya kita menulis tentang diri kita maka setiap apa yang kita lakukan, dan temukan sehari-hari dapat kita jadikan sebuah ide untuk menulis. Jangan jadikan menulis itu sebagai propesi namun jadikan sebagai hobi untuk wadah bagi anda untuk berbagi ilmu dan pengalaman untuk orang lain.  Dengan begitu kita bakalan merasa bahwa menulis adalah sebuah kebutuhan anda untuk menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain. Jadi bisa kita katakan menulis adalah langkah awal untuk membiasakan kita berinteraksi dan berbagi ilmu dengan orang lain namun tidak secara langsung melainkan dengan sebuah karya tulisan.

Ada juga disebagian dari kita menganggap menulis adalah kebutuhan pokoknya (tiada hari tanpa menulis), orang-orang yang seperti ini adalah mereka yang ingin menjadi orang yang bermanfaat untuk orang lain dan sarana untuk mereka berbagi ilmu. Saat mereka menulis, satu halaman saja bukanlah hal yang berat bagi mereka karna mereka sudah menganggap menulis itu adalah bagian dari hidup mereka. Jadi marilah kita contoh orang-orang seperti mereka ini dan marilah kita iri atas semua karya dan keinginan mereka untuk terus berkarya dengan menulis. Tiada salahnya kita memulai menulis agar kita bisa terbiasa untuk menciptakan karya-karya yang berkualitas dan bermanfaat bagi orang lain. Selain itu menulis juga dapat membantu menumbuh kembangkan segala kemampuan kita dalam aspek bekerja, berargumen, kecerdasan, dan kemampuan yang lainnya.

“Jadikanlah menulis itu sebuah teman dan kawan kita untuk berbagi, dengan begitu apa pun yang ada pada kita bisa bermanfaat bagi orang lain”
- M Z -
 “Menulis merupakan kegiatan yang mampu mengembangkan segala kemampuan yang ada bahkan belum kita tau pada diri kita”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


@MZCreative


Follow Me