Kamis, 24 Mei 2018

MEMBACA ADALAH JENDELA DUNIA



 Penulis yang baik berarti juga pembaca yang baik. Kalau Anda memag berniat serius menulis, selain memiliki semangat, Anda juga harus rajin membaca. Bacalah apa saja agar wawasan dan pengetahuan Anda semakin luas. Banyaknya bacaan akan memudahkan Anda menangkap ide, mengembangkan tulisan dan menambah bobot tulisan Anda

Membaca dan menulis merupakan satu-kesatuan yang tidak bisa kita pisahkan. Disaat kita ingin menjadi penulis ataupun ingin menulis kita tidak bisa terlepas dari yang namanya membaca. Karna membaca ini juga merupakan cara kita untuk mendapatkan ide-ide tentang apa yang akan kita tulis. Disaat kita mempunyai keingin untuk menulis dan membaca, tanpa kita sadari disana kita sudah berhadapan dengan diri kita. Yang dimaksud disini berhadapan adalah apakah kita bakalan terus mempunyai keinginan untuk menulis dan membaca seperti “api yang membara”, tapi tidak kemungkinan besar “api” tersebut bisa saja padam begitu saja, dan yang memadamkannya itu tidak lain dan bukan adalah dirikita.

Ada kemungkinan besar “api” membaca itu padam karna kita tidak bisa menemukan sesuatu keistimewaan tentang apa yang kita baca. Dalam kata lain kita tidak menemukan buku yang ingin kita baca. Mungkin saja buku tersebut sudah kita temukan tapi tetap saja buku tersebut tidak membuat kita senang dikarenakan kita tidak menemukan apa yang sebenarnya ingin kita baca. Yang lebih parah lagi “api”  membaca itu padam karna kita tersiksa oleh buku yang kita baca, “KOK BISA?”. Tentunya itu terjadi karna kita sendiri tidak tau apa sebenarnya alasan dan tujuan kita membaca buku tersebut.

 Mulailah membaca buku yang kira- bisa membuat “api” tersebut membara lagi dan sekiranya yang bisa membuat kita menemukan apa yang sebenarnya kita cari. Contohnya kita ingin memulai menulis tapi kita belum punya ide maka cara tercepat mendapatkan ide adalah membaca hasil tulisan orang lain. Buku yang kita baca memanglah karya orang lain. Namun, disaat kita ingin membaca karya orang lain, cobalah untuk menyerap dan mencari isi buku tersebut dan merasakan kenikmatan dan kesenangan membacanya, sehingga dapat memberikan kita sebuah ide untuk menulis. Dan tidak usah menunggu lama untuk memulai menulis sehingga tidak menutup kemungkinan kita bisa menciptakan hasil-hasil yang menakjubkan setelah kita selesai membaca beberapa halaman dari buku yang sudah kita pilih untuk di baca. Bukankah hasil tulisan kita tersebut adalah manfaat yang sangat nyata dari kegiatan membaca.

Hasil tulisan kita adalah milik kita, walaupun ide yang kita dapat dari membaca buku orang lain. Bukankah ketika kita membaca dan menulis, kita hanya berhadapan dengan dirikita saja. Tidak ada orang lain, walaupun memang ada si pengarang buku atau si pemberi kata pengantar dalam buku tersebut, namun semua itu tidak terlihat secara nyata, yang ada hanya diri kita sendiri. Jadi buatlah hasil tulisan tersebut berkaitan dengan diri pribadi kita yang terdalam. Kalau bisa sejujur-jujurnya yang ada pada diri kita secara mutlak. Dan tidak  berkaitan dengan orang lain. Selanjutnya cobalah untuk merasakan manfaat membaca buku tersebut dan mulai tunjukkan tulisan tersebut pada diri kita sendiri. Tentunya kita tidak mungkin akan menulis sesuatu yang tidak memberikan makna tersendiri pada diri kita, bukan?

Jadi tidak salah kalau orang mengatakan “BUKU ADALAH JENDELA DUNIA”, tapi disini saya ingin menggantinya dengan MEMBACA ADALAH JENDELA DUNIA. Mengapa demekian karna buku hanyalah sebuah buku, buku tidak ada gunanya kalau tidak kita baca. Karna disaat kita membaca tersebut maka jendala dunia akan terbuka. Maknanya disaat kita membaca buku banyak ilmu pengetahuan yang bisa kita dapatkan, kita bisa bebas untuk memperluas wawasan, kita bisa mendapatkan beraneka kejutan dan bahkan berbagai hiburan pun bisa kita dapatkan dari membaca buku. Tidak jarang pula diantara kita berubah kehidupannya karena terinspirasi oleh kata-kata yang terkandung dalam buku yang dibaca.

Tidak selamanya apa yang kita lakukan dan inginkan akan berjalan lancar dengan kemampuan yang kita miliki sendiri, namun terkadang kita juga memerlukan tangan orang lain untuk membantu menopang sesuatu yang ingin kita capai
- M Z -
 Bacalah apapun itu, karna membaca merupakan perintah pertama yang diturukan untuk NABI kita MUHAMMAD SAW. Karna setiap apa yang dibaca pasti akan terkandung ilmu yang belum tentu kita punya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


@MZCreative


Follow Me