Kamis, 24 Mei 2018

KONSISTEN DAN KOMITMEN DENGAN DIRI SENDIRI



  Kuncinya adalah komitmen dan sering berlatih. Komitmen menjadi energi dasar yang mampu menggerakkan seseorang untuk terus menulis. Sementara sering berlatih akan membuat aktivitas menulis yang awalnya berat dan sulit menjadi mudah”

Banyak di antara kita begitu sulit untuk konsisten dengan komitmen untuk menulis. Padahal, kemauan dan kemampuan untuk menghasilkan tulisan telah ada  pada setiap orang. Bahkan begitu banyak ide yang dalam otak kita, begitu banyak hal yang ingin kita ungkapkan lewat sebuah tulisan. Tetapi, semua keinginan itu hanya ada dalam otak semata. Begitu sulit rasanya untuk mewujudkannya. Mengapa? (jawabannya ada pada diri sendiri)

Apakah masalah waktu? Sebenarnya bukan itu kenda;anya. Setiap hari saya yakin pasti tersedia waktu yang sedemikian banyak untuk kita menghasilkan tulisan. Pasti waktu yang ada lebih banyak kita gunakan untuk melaksanakan kegiatan yang tak memberikan manfaat apa-apa, alias hanya digunakan untuk melamun saja memikirkan apa yang akan ditulis. Setiap saat kita selalu berkhayal untuk memulai menulis (tugas Kalkulus), tetapi sering sekali kita abaikan sehingga sering lupa untuk dapat menyelesaikan tugas tersebut. Memang sih, ada pula tulisan yang sudah dikumpulkan. Tetapi terkadang tulisan itu copas dari teman.

Apa yang kurang pada diri kita. Ide pasti ada dan dapat dicari; Waktu tak terbatas; Fasilitas ada juga pasti ada. Mungkin yang kurang adalah komitmen untuk melaksanakan komitmen yang sudah di sepakati (kemauan untuk melaksanakan komitmen yang telah ditetapkan dalam hati). Ternyata, komitmen untuk menulis saja tidak cukup. Hal itu harus disertai dengan kemauan untuk melaksanakannya dan terus berlatih untuk menulis. Menurut saya inilah yang belum terbentuk dalam hati kita. kita mungkin sering membuat rencana dengan baik, kita juga sering berkomitmen untuk memulai menulis di saat waktu luang. Tetapi semua itu tak ada gunannya kalau tak dilakukan. Masalah bagus dan gaknya sebuah tulisan itu adalah masalah belakangan karna hal itu bisa kita perbaikan dengan sering berlatih untuk menulis dan menulis karna segala sesuatunya itu pasti memerlukan sebuah proses. Ingatlah bahwa menulis itu keterampilan yang harus dikuasai melaui proses yang sangat panjang dan tidak instant. Jadi, kunci utama disini adalah kerja keras kita untuk melaksanakan komitmen yang sudah kita sepakati sendiri.

“Mulailah dari sekarang, tak perlu tunggu besok. Sebab, besok tak mungkin kembali menjadi hari ini. Marilah kita mulai dari hari ini dan saat ini dan mulailah”
-         MZ -
“ Lawan terbesar kita bukanlah orang lain, melaikan diri sendiri.
Terutama itu adalah RASA MALAS”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


@MZCreative


Follow Me