Kamis, 24 Mei 2018

MANFAATKAN WAKTU DENGAN BAIK SUPAYA TIDAK BISA DIMANFAATKAN



 “ Manajemen waktu, meskipun terlihat sederhana, sesungguhnya sangat penting. Manusia yang memiliki kemampuan manajemen waktu secara baik akan menjadikan orang yang sukses. Tugas menulis juga akan selesai tepat waktu jika pelakunya mengelola waktu yang ada secara baik. Sementara mereka yang tidak menyadari pentingnya waktu biasanya berlaku secara ceroboh. Mereka mudah meremehkan segala sesuatunya, termasuk waktu yang bergitu cepat berlalu.”

Seorang penulis bukanlah kegiatan yang melewati proses yang singkat. Ada serangkaian kegiatan yang akan dilalui oleh seorang penulis sampai akhirnya ia menyelesaikan sebuah karya. Kegiatan ini bukan sekedar teknik menulis buku dengan cara mengetikkan huruf perhuruf atau kata demi kata saja. Terdapat berbagai hal yang perlu kita lakukan untuk menyelesaikan sebuah karya yang baik.

Dalam menulis, seorang penulis perlu melakukan persiapan. kita perlu mendapatkan inspirasi untuk dikelola menjadi ide atau gagasan, lalu menuangkannya ke dalam tulisan. Kita juga perlu melakukan riset, dengan tujuan mencari materi yang akan ditulis nantinya. Selain itu, dalam proses menulis, kita akan sering melakukan perbaikan atau penyuntingan karya tulis kita ini.

Untuk melalui semua proses tersebut, kita sebegai seorang penulis membutuhkan waktu yang banyak. Kita perlu mengatur waktu sendiri untuk berkarya, di samping melakukan aktivitas lain. Dengan mengatur waktu, tidak akan ada jadwal yang bertabrakan. Segala aktivitas juga akan dapat dilakukan tanpa mengganggu aktivitas lainnya, jika seseorang memanajemen waktunya tersusun dengan baik tentunya.

Menulis butuh komitmen, kalau mengandalkan waktu luang yaa pasti nggak bakal nulis-nulis, jadi rumusnya itu harus meluangkan waktu! Untuk menulis kita harus meluangkan waktu kita bukan menunggu waktu luang. Waktu yang biasa saya luangkan adalah waktu sebelum tidur, setidaknya 10 menit sebelum tidur terkadang saya menulis sebuah pengalaman saat aktivitas dihari tersebut. Selain itu juga kalau saya gak mempunyai ide yang akan saya tulis biasanya saya menulis apa yang saya suka atau bahkan permasalahan kehidupan apa yang membuat saya penasaran terhadap masalah itu, namun udah saya temukan beberapa jawabannya.

Mungkin saat penulis merasa penat atau bosan dan lelah sering ada pada kita sebagai manusia; karna itu emang sifat alami manusia. Sehingga tidak ada lagi ide yang akan dituangkan, lebih baik kita berhenti saja. kita bisa menikmati waktu dengan menyegarkan pikiran sejenak, sebelum nantinya kita melanjutkan perjuangan untuk menulis kembali. Kita dapat pergi jalan-jalan, bertemu teman, mencari udara segar, bermain game, sampai pikirannya terasa segar dan netral kembali. Jangan pernah memaksakan diri untuk menulis ketika pikiran juga dipenuhi dengan hal-hal lain.

“ Jadilah orang yang pintar memanfaatkan waktu, karna wapktu itu adalah penyeimbang kehidupan yang luar biasa. Tak peduli siapa kita, berapa uang kita, waktu takkan pengerti perasaan kita walupaun sedang sedih, senang, bahkan galau. Ingat WAKTU TERUS BERJALAN.
Kita memiliki waktu 24 jam dalam sehari dan sangat berharga bagi kita jadi JANGAN PERNAH KITA SIA-SIAKAN” - MZ -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


@MZCreative


Follow Me