Selasa, 01 Mei 2018

Tutorial Membuat Blog Gratis dengan Blogger

Blog merupakan, salah satu tempat untuk berbagi pengalaman atau hal-hal yang bermanfaat bagi orang lain. Selain digunakan untuk berbagi pengalaman, banyak juga di memanfaatkan sebagai ladang penghasilan tambahan, berbagai macam promosi jasa, sarana berjualan online, dan lain sebagainya.
Melalui artikel berikut, saya akan berbagi tutorial lengkap cara untuk membuat blog yang mudah bagi bagi pemula. Lalu bagaimana tutorialnya membuat blog di blogger? Ayo simak langkah-langkahnya sebagai berikut :

TUTORIAL MEMBUAT BLOG

  1. Pertama buka situs blogger.com. Kemudian klik BUAT BLOG untuk membuat blog baru.
     
  2. Masukkan Alamat email anda, jika anda belum punya akun gmail silahkan buat terlebih dahulu dengan mengelik BUAT AKUN "Cara membuat akun google". Setelah itu klik Berikutnya 
  3. Kemudian masukkan Password Email anda. Setelah itu klik Berikutnya
  4. Setelah itu harus memilih profil mana yang akan anda gunakan. Anda bisa menggunakan profil Google+ atau profil Blogger biasa. Saya menyarankan menggunakan profil Google+ saja. Jadi, pilih Buat profil Google+ (jika sudah terkait ke dalam Google+ maka langsung ke tahap 7)
  5. Form Profil akan terisi secara otomotis. Jika ada yang perlu diubah, entah itu nama, jenis kelamin atau tanggal lahir, anda bisa mengeditnya disini. Jika sudah selesai mengedit, silakan pilih BUAT PROFIL
  6. Pada tahap berikutnya anda dapat menambah foto profil anda atau bisa di SKIP saja, jadi pilih SKIP
  7. Setelah itu, pilih Lanjutkan ke Blogger
  8. Untuk membuat blog baru, pilih tombol BUAT BLOG BARU / CREATE NEW BLOG
  9. Selanjutnya silakan isi sesuai putunjuk dibawah ini :
    A : Isi dengan judul blog baru anda sesuai apa yang anda inginkan.
    B : Isi dengan alamat url yang anda inginkan, misal zaenulifin.blogspot.com, Jika ada tanda centang disampingnya berarti alamat blog tersebut tersedia jika tidak maka maka ganti urlnya sehingga ada centang di sampingnya.
  10. C : Tempat memilih tema blog yang anda inginkan.
  11. Setelah itu pilih Create blog / Buat Blog
  12. Selamat blog baru anda telah selesai di buat.


Jika anda ingin lebih mengenal tentang Blogger mari simak artikel berikut ini.

MENU - MENU YANG ADA PADA BLOGGER

Beberapa menu dan tombol pada blogger yang harus diketahui. Diantaranya sebagai berikut :
  • Pos : menampilkan semua pos yang terdapat pada blog anda, pos yang sudah diterbitkan dan yang masih berbentuk draft. Dan juga bisa menghapus pos yang pernah dibuat.
  • Statistik menampilkan informasi statiska pada blog anda, seperti jumlah penayangan hari ini, kemarin, dan bulan lalu. Selain itu, pada menu ini juga menampilkan informasi mengenai bagaimana pengunjung menemukan blog anda dan lain sebagainya.
  • Komentar : menampilkan komentar yang telah diterbitkan, komentar yang masih menunggu moderasi, dan komentar yang tergolong spam.
  • Kampanye : menampilkan menu seputar Adwords. Anda bisa mempromosikan blog anda dengan Adwords ini, tetapi tidak gratisan ya :).
  • Laman : menampilkan jumlah laman yang terdapat pada blog anda, laman yang masih berbentuk draft, dan laman yang sudah diterbitkan.
  • Tata Letak : disini anda bisa kustomisasi tampilan atau menambahkan widget (gadget) pada blog anda.
  • Tema : menampilkan pengaturan pada template atau tema blog anda. Untuk mengedit, mengganti template blog anda, dan lain sebagainya bisa anda lakukan disini.
  • Setelan : menampilkan pengaturan lanjutan pada blog anda, seperti pengaturan dasar, pos dan komentar dan lain sebagainya bisa anda lakukan disini.
  • Daftar Bacaan : menampilkan postingan terbaru dari blog-blog yang anda ikuti.
  • Bantuan : menampilkan beberapa artikel bantuan mengenai bagaimana cara menggunakan blog di Blogger.

CARA UNTUK MENULIS / POSTING KONTEN DI BLOGGER

Untuk menulis / memposting konten sangatlah mudah, atau bisa kita sebut mudah banget. Mari simak langkah-langkahnya sebagai berikut :
  1. Klik tombol New Post / Entri Baru
  2. Setelah itu akan ada tampilan seperti pada gambar dibawah, jadi sebelumnya mari kita bahas beberapa menu, tombol, atau navigasi yang ada pada konten ini sebagai berikut :
  3. A : Judul konten yang akan kita buat. 
    B : Deretan tombol yang berguna untuk mempublikasikan, menyimpan, atau mempratinjau (preview) konten anda sebelum diposting dan keluar dari tambilan menulis tersebut.
    C : Terdapat 2 mode penulisan konten yang terdapat pada blogger, diantaranya mode Compose dan mode HTML . Secara default, mode penulisan konten menggunakan mode Compose. Jika anda awam dalam HTML, saya sarankan menggunakan mode Compose saja.
    D : Menu formatting toolbar yang digunakan untuk pengolahan teks pada konten anda. Fungsi tool-tool ini tidak jauh berbeda dengan yang terdapat pada Microsoft Word kok, jadi kalau anda faham Ms. Word pasti sudah mengerti maksud menu tersebut.
    E : Beberapa menu pengaturan pada konten anda. Seperti memberikan label/ kategori, tautan permanen pada konten anda dan lain sebagainya.
    F : Isi dari konten yang dibuat nanti.
  4. Jika konten sudah selsai di tulis dan sudah siap dipublikasikan, silakan klik tombol Publikasikan.




SEKIAN DULU ARTIKEL KALI INI YA, SEMOGA BERMANFAAT DAN TERIMA KASIH.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


@MZCreative


Follow Me